Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

RANCANG BANGUN APLIKASI KESEHATAN ANGGOTA JAMSOSTEK BERBASIS CLIENT-SERVER PADA BALAI PENGOBATAN DIRA MEDIKA

 

BAB I

PENDAHULUAN

Persaingan perekenomian yang sangat ketat pada saat ini, manusia di tuntut untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat mengolah data dengan cepat, akurat, aman dan dapat menghasilkan kinerja yang semaksimal mungkin. Balai Pengobatan Dira Medika yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan berlokasi xxx melayani antara lain: pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan tindakan operasi kecil. Balai Pengobatan Dira Medika menjalin kerja sama dengan PT. JAMSOSTEK (Persero) Cabang Lampung dalam program pemeliharaan kesehatan anggota JAMSOSTEK TK. I, Balai Pengobatan Dira Medika didirikan guna melayani kesehatan para anggota JAMSOSTEK khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Sistem pengolahan data kesehatan anggota JAMSOSTEK pada Balai Pengobatan Dira Medika masih dilakukan secara manual dalam arti pendaftaran pasien khususnya anggota JAMSOSTEK ditulis dalam pembukuan data pasien, kendala yang dialami dari sistem tersebut adalah waktu yang dibutuhkan untuk pencatatan daftar pasien menjadi kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut maka alternatif lain untuk mengatasi masalah yaitu dengan membangun Aplikasi Kesehatan Anggota JAMSOSTEK pada Balai Pengobatan Dira Medika.

1.1 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan utama yang dapat dirumuskan yaitu bagaimana membuat sebuah aplikasi yang dapat memaksimalkan proses pengolahan data pada Balai Pengobatan Dira Medika, serta merancang aplikasi yang menyediakan informasi yang akurat dan cepat bagi tiap-tiap bagian yang terkait dalam pelayanan kesehatan anggota JAMSOSTEK pada Balai Pengobatan Dira Medika.

1.2 Batasan Masalah

Adapun yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Sistem ini membahas tentang aplikasi jaminan pemeliharaan kesehatan para Anggota JAMSOSTEK.

2. Pada perancangan sistem ini jaringan yang akan digunakan bertopologi star yang berbasis clien-server.

3. Bahasa pemprograman menggunakan Visual Basic 2008 dan database yang digunakan MySQL Server 5.0.

1.3 Keaslian Penelitian

Topik dengan judul Rancang Bangun Aplikasi Kesehatan Anggota JAMSOSTEK Berbasis Client-Server Pada Balai Pengobatan Dira Medika ini tidak pernah diangkat menjadi sebuah topik penelitian pada tugas akhir atau laporan penelitian lainnya. hal ini didukung dengan observasi pada hasil-hasil penelitian yang telah ada sebelumnya, dimana tidak ditemukan topik tersebut, khususnya pada Balai Pengobatan Dira Medika.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah

1. Pengguna aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan pada Balai Pengobatan Dira Medika

2. Memudahkan Balai Pengobatan Dira Medika dalam menganalisa sebaran penyakit berdasarkan hasil diagnosa pasien yang berobat.

1.5 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem yaitu aplikasi jaminan pemeliharaan kesehatan anggota JAMSOSTEK.

Clik dibawah ini untuk mengunduhnya :
ABSTRAK
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment